Peneliti Gunakan Cahaya untuk Obati Kanker Prostat Stadium Awal

Administrator 232 Pengunjung

Peneliti Gunakan Cahaya untuk Obati Kanker Prostat Stadium Awal

Laki-laki yang menderita kanker prostat stadium awal mungkin tidak perlu lebih lama menunggu untuk mengetahui apakah penyakit mereka memburuk. Beberapa peneliti kini menggunakan terapi cahaya untuk menghancurkan sel-sel kanker dengan obat yang dibuat dari bakteri yang hidup di dasar laut.

Perawatan standar kanker prostat stadium awal adalah “tunggu dan amati”, dan tidak akan dilakukan pengobatan kecuali jika penyakit itu memburuk.

Tetapi kini para pria yang menderita penyakit kanker stadium awal akan memiliki pilihan lain. Beberapa peneliti di Inggris telah mempelopori uji coba terapi cahaya dengan menggunakan sinar laser yang menarget sel-sel kanker, menghancurkan sel-sel itu pada stadium awal. Perawatan ini disebut terapi fotodinamis yang menarget pembuluh darah atau “vascular-targeted photodynamic therapy”.

Mark Emberton, pakar intervensi onkologi di Universitas College London, adalah pemimpin penelitian yang diterbitkan di Lancet Oncology. Ia mengatakan perawatan itu mencakup pemberian obat pada jaringan agar peka cahaya dan dokter akan menyinari kanker prostat tersebut.

Emberton mengatakan cahaya itu mengaktifkan pembentukan molekul oksigen, atau radikal bebas, yang menghentikan pasokan darah pada kanker, dan membunuh sel-sel berbahaya tersebut.

“Inilah dampak cahaya pada jaringan yang peka, yang memproduksi bahan-bahan kimiawi beracun untuk menghancurkan sel-sel kanker, khususnya pasokan darah pada sel-sel kanker," ujarnya.

Penguin
bantenprov